Hubungi Kami

Tata Cara Pelayanan Pengaduan Nasabah

I.        Mekanisme Penyampaian Pengaduan Kepada PT Bank Pundi

Nasabah atau perwakilannya dapat menyampaikan pengaduan kepada Bank Pundi melalui beberapa cara yang dimiliki :

  1. Secara lisan yang disampaikan melalui telephone di seluruh jaringan kantor cabang (alamat dan nomor telepon terdapat pada website)
  2. Secara tertulis yang disampaikan dengan cara :
    1. Mendatangani Kantor Cabang Bank Pundi terdekat
    2. Melalui website corporate.secretary@bankpundi.co.id
    3. Membuat surat resmi yang ditujukan ke Kantor Cabang Bank Pundi atau kepada Corporate Secretary,  Jl. RS Fatmawati no. 12; Jakarta Selatan; 12140

 

II.        Tata Cara Pengaduan Permasalahan Keuangan Nasabah Bank Pundi

Siapa yang dapat mengajukan pengaduan?

Setiap pegguna jasa yang melakukan transaksi keuangan di Bank Pundi baik yang memiliki rekening ataupun tidak memiliki rekening.


Cara Mengajukan Pengaduan

Nasabah dapat mengajukan pengaduan secara lisan atau tertulis. Nasabah akan menerima bukti tanda pengaduan.


Pengaduan Lisan

Apabila nasabah mengajukan pengaduan secara lisan, pengaduan nasabah akan ditangani dan diselesaikan dalam waktu 2 (dua) hari kerja oleh Bank Pundi.

Nasabah wajib mengisi dan menandatangani formulir Pengaduan Nasabah dan melampirkan dokumen :

  1. Identitas nasabah (asli)
  2. Fotocopy/salinan dokumen pendukung pengaduan/bukti transaksi

 

Pengaduan Tertulis

Untuk pengajuan pengaduan secara tertulis, maka nasabah perlu melengkapi pengaduan yang diajukan dengan dokumen pendukung yang memadai, seperti:

  1. Fotocopy (sesuai asli) identitas pembuka rekening dan/atau perwakilannya.
  2. Fotocopy/salinan dokumen pendukung pengaduan/bukti transaksi
  3. Surat Kuasa dari nasabah yang diwakili (dokumen tambahan untuk perwakilan nasabah).

Pengaduan nasabah yang diajukan secara tertulis akan diselesaikan oleh Bank Pundi dalam waktu 20 (dua puluh) hari kerja dan dapat diperpanjang sampai dengan 20 (dua puluh) hari kerja berikutnya dalam hal terdapat kondisi tertentu. Perpanjangan jangka waktu penyelesaian pengaduan akan diinformasikan kepada nasabah.

Agar pengaduan nasabah dapat segera diselesaikan oleh Bank Pundi, nasabah perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Tentukan inti permasalahan yang akan diadukan.
  2. Siapkan dokumen pendukung atas permasalahan yang akan diadukan.
  3. Simpan dokumen-dokumen asli yang nasabah miliki dan sampaikan kepada Bank Pundi salinan/copy dokumen tersebut bersamaan dengan pengajuan pengaduan tertulis.
  4. Simpan Pengaduan Nasabah yang diberikan bank Pundi dan gunakan copy bukti pengaduan tersebut untuk mengetahui status penyelesaian pengaduan nasabah.

 

Apabila nasabah tidak puas dengan hasil penyelesaian yang disampaikan Bank Pundi, nasabah dapat melanjutkan upaya penyelesaian pengaduan melalui fasilitasi penyelesaian baik melalui:

  1. Bank Indonesia (BI) khusus untuk pengaduan yang terkait dengan jasa sistem pembayaran.
    1. Pengaduan secara lisan disampaikan melalui

CALL Center BICARA 1500 131

  1. Pengaduan secara tertulis/surat melalui:
    1. Bagi konsumen yang berdomisili atau bertempat tinggal di wilayah DKI Jakarta, Kabupaten/Kota Bekasi, Kabupaten/Kota Bogor, Kabupaten Karawang, dan Kota Depok disampaikan kepada: Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Kompleks Perkantoran Bank Indonesia, Gedung D Lantai 5 Jalan M.H. Thamrin No.2, Jakarta 10350;
    2. Bagi konsumen yang berdomisili/bertempat tinggal diluar wilayah :
      1. disampaikan kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri yang terdekat dengan domisili/tempat tinggal konsumen;
      2. email, disampaikan melalui bicara@bi.go.id ;
      3. faksimile, disampaikan melalui nomor (021) 2311901
    3. Otoritas Jasa keuangan (OJK) dan nasabah dapat menyampaikan melalui:
      1. Telepon : (kode area) 500-655
      2. Faksimile : (021) 386-6032
      3. Surat tertulis yang ditujukan kepada :

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan

Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen

Menara Radius Prawiro, Lt.2

Komplek Perkantoran Bank Indonesia

Jl. MH Thamrin no.2

Jakarta 10350

  1. Email : komsumen@ojk.go.id
  2. Form Pengaduan online: http://sikapiuangmu.ojk.go.id/id/ojk/pengaduan